Belajar Hargai Dan Menghormati Privasi Orang Lain Itu Sangat Penting

Belajar Hargai Dan Menghormati Privasi Orang Lain Itu Sangat Penting

Karena perkembangan teknologi yang sekarang sudah semakin cepat, dan luar biasa. Sehingga kita dengan mudah bisa mendapatkan informasi dengan mudah. Bahkan informasi setiap orang bisa kita unduh. Dan jejak digital tidak dapat kita hilangkan. Dan saat kita menyukai seseorang misalnya. Kita bisa mencari tahu dirinya lewat berbagai media sosial. Kita bisa mengetahui seperti apa orangnya. Kita bisa search di google namanya dan kita bisa tahu lebih soal dirinya. Tapi kita harus ingat batasan. Apakah kalian pernah berpikir bahwa itu adalah perbuatan yang baik atau tidak?

Belajar Hargai Dan Menghormati Privasi Orang Lain Itu Sangat Penting

Karena sudah semakin mudah orang mendapatkan informasi. Bukan berarti tidak ada aturan dan tata krama akan hal tersebut. Kita juga harus menekankan pada diri kita sendiri untuk menghormati dan menghargai privasi orang. Memang mereka dengan sengaja share segala sesuatu kegiatan mereka profile mereka di media sosial. Tapi bukan berarti kita mencari tahu seluk beluk sampai menyimpan informasi pribadinya, tanpa izin orang tersebut. Itu adalah hal yang tidak baik. Dan itu sudah melanggar aturan. Mungkin bagi kalian itu hal biasa. Atau bagi kalian itu bukan hal besar yang harus dipermasalahkan. 

Itu cara kalian untuk bisa merasa dekat dengan orang tersebut. Tapi itu bukan cara yang tepat untuk dilakukan. Malah jika orang yang bersangkutan tahu apa yang kalian lakukan, itu hanya akan memberikan penilaian yang berbeda. Dan dia akan merasa tidak nyaman dan tidak aman. Walaupun niat kalian tidak buruk. Tapi cara kalian salah. Cara kalian membuat orang bisa menilai kalian tidak baik. Untuk itu belajarlah menjadi orang yang tidak kepo dengan urusan orang lain. Jadi orang yang jujur. 

Dan belajar hargai barang-barang milik orang lain. Jika itu bukan barangmu, janganlah sekali sekali kalian menyentuhnya dan mengotak atik barang tersebut. Apa Lagi tanpa izin yang punya. Itu bukanlah hal yang baik dan itu sudah termasuk tindak kejahatan. Tahanlah dirimu. Pun jika kalian ingin sekali mengetahui informasi seseorang. Ya izin lah pada orang yang bersangkutan. Be gentle. Karena itu akan jauh diapresiasi oleh yang bersangkutan. Dan itu menunjukkan kualitas dirimu seperti apa.