Penasaran Yang Terjadi Sama Tubuh Kita Saat Tidur? Ini Dia Jawabannya!

Tentu saja tidur itu membuat kesadaran menjadi hilang sementara dan membawa kita menuju ke alam bawah sadar sehingga kita tidak dapat mengetahui apa saja yang sedang terjadi ketika kita berada dalam proses istirahat tersebut, namun ada satu fakta yang harus kamu tahu bahwa meskipun tubuh kita diam diatas kasur untuk beberapa jam namun sebenarnya di dalamnya semuanya masih tetap bekerja loh.

Dengan tertidur ternyata banyak proses yang terjadi seperti tekanan darah kita akan menurun dari biasanya, pernafasan lebih pelat dan seluruh otot maupun hormon dalam tubuh akan rileks dan terlepas dengan bebas di dalam dan itulah yang dinamakan proses pertumbuhan atau perkembangan. Masih begitu banyak peristiwa yang terus terjadi selama kamu tidur dan berikut ini ulasannya untuk kamu simak agar bisa mengenal lebih lagi peran tidur yang sangat penting bagi makhluk hidup khususnya kita manusia.

1. Regenerasi tulang dengan otot saat sedang tidur

Tulang dan otot diseluruh tubuh kita ini akan terus bekerja tanpa henti selama kamu tetap tersadar dan terus-terusan melakukan berbagai kegiatan karena kedua bagian tubuh inilah yang terus mendukungmu untuk bergerak. Satu-satunya waktu dimana tulang dengan otot kamu dapat menjadi lebih rileks atau beristirahat adalah ketika kamu tertidur saja, jadi dengan begini kamu tahu bahwa ketika sedang tidur sama artinya meregenerasi kembali kedua hal tersebut agar tidak mengalami kelelahan setelah bangunnya nanti.

2. Tidur membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ketika kamu tidur tubuh kita tidak hanya sekedar melepas berbagai jenis hormon saja namun diikuti dengan protein tertentu yang biasanya berperan membantu melawan infeksi atau virus yang berhasil berkembang pada bagian dalam tubuh contohnya adalah sel kanker. Semuanya itu berkat tumor necrosis factor yang merupakan protein khusus dan terproduksi dari sel darah putih guna untuk melawan partikel berbahaya yang menjadi penyebab penyakit atau TNF ini dapat dikategorikan sebagai salah satu sistem kekebalan tubuh kita.

4. Meregenerasi kembali kulit pada tubuh

Selama kita tertidur itu akan membuat proses jaringan tubuh akan dialokasikan untuk meregenerasi banyak hal yang bermasalah pada bagian tubuh yaitu termasuk kulit kita sendiri akibat sudah menahan banyak beban selama siang hari dan ketika berada dalam mode deep sleep akan meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan khsususnya digunakan untuk merawat kulit agar pulih kembali dari kondisi rusaknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *