MESKI RASANYA YANG PAHIT, INILAH MANFAAT DARI PARE

Siapa yang suka pare? jenis sayuran ini pastinya mempunyai penggemar dan sekaligus pembenci karena memiliki rasa yang sangat pahit. Selain memiki rasa yang pahit, penampilan sayur pare ini juga tergolong tidak menarik sehingga tidak menggugah selera.

Bagi orang Indonesia, tentunya sangat sering melihat olahan sayur pare sebagai sayuran pendamping pada gado-gado hingga somay. Jadi bagi kalian yang tidak suka atau tidak bisa makanan yang rasanya pahit tentunya tidak akan pernah menyentuh sayur pare ini.

Dibalik rasanya yang sangat pahit, kalian harus ketahui juga ternyata sayur pare memiliki segudang manfaat bagi kesehatan seperti :
1. Mengandung banyak nutrisi
2. Berpotensi mengatasi kanker
3. Membantu menurunkan berat badan
4. Mengurangi kolesterol
5. Menurunkan kadar gula darah

Namun siapa sangka, seperti yang dijelaskan di atas bahwa sayur pare memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan ternyata sayur pare memiliki efek samping juga. Mengkonsumsi segala jenis makanan yang secara berlebihan pastinya tidak baik, begitu juga dengan mengkonsumsi sayur pare jika di konsumsi secara berlebihan maka pastinya akan mengundang efek samping yang bisa membahayakan kesehatan anda. Sayur pare ini sebenarnya aman untuk dikonsumsi jika dalam jumlah porsi yang wajar atau secukupnya.

Efek samping dari sayur pare ini jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan seperti pusing, sakit perut, muntah serat rasa tidak nyaman pada perut. Selain itu sayur pare ini sebaiknya untuk tidak dikonsumsi pada ibu yang sedang hamil atau bayi yang baru berumur di bawah 3 tahun. Bagi kalian yang sedang mengkonsumsi obat penurun gula darah juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi sayur pare.

Bagi kalian yang memiliki hobi memasak pastinya sudah tahu bagaimana cara pengolahan sayur pare ini untuk mengubah rasa pare yang pahit menjadi tidak terlalu pahit. Sebenarnya kunci utama untuk mengubah rasa pare agar tidak terlalu pahit adalah dengan mencuci pare dengan benar sebelum ingin mengolahnya.

Untuk langkah pertama, kalian harus mencuci sayur pare sebelum ingin memotong dan mengeluarkan biji sayur pare, setelah itu anda bisa mengiris pare sesuai dengan yang anda inginkan. Dan salah satu cara yang biasanya dilakukan untuk mengurangi rasa pahit, pada saat mencuci pare menggunakan air garam dan sambil diremas ringan beberapa kali. Cara pengolahan sayur pare ini juga sangat mudah, anda bisa merebus, mengkukus atau menumisnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *