HINDARI LEMAS SAAT BERPUASA

Ketika sedang memasuki bulan puasa pastinya terjadi perubahan pola makan serta berkurangnya juga beberapa aktivitas fisik yang sudah menjadi hal yang sangat wajar terjadi. Karena itu anda wajib melakukan beberapa penyesuaian agar tubuh anda tetap terjaga staminanya selama saat bulan ramadan.

Yang kita ketahui juga jika sedang menjalankan puasa pastinya tubuh terasa lemas dan mengantuk namun bukan berarti juga semua orang merasakan hal yang sama. Mungkin ada beberapa orang yang tidak merasa lemas dan ngantuk pada saat sedang menjalankan puasa. Beberapa orang tersebut pastinya menjalankan beberapa tips seperti :
1. Jangan Lewatkan Sahur
Sama seperti halnya dengan sarapan, sahur juga menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan ketika kita ingin menjalankan puasa. Pada saat anda sedang berpuasa sahur ini akan membantu anda untuk menjaga kadar cairan tubuh agar tetap terjaga serta juga bisa memberikan energi dan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh selama beraktivitas sampai waktunya berbuka puasa.

2. Minum Cukup Air
Untuk mendapatkan kebutuhan cairan tubuh yang mencukupi anda bisa meminum air serta juga mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan seperti buah sayuran dan sup. Kebutuhan cairan ini bisa anda penuhi ketika saat sahur atau pun pada saat berbuka puasa.

3. Lakukan Olahraga di Waktu yang Tepat
Untuk mengihndari terjadi dehidrasi anda sangat disarankan untuk tidak melakukan atau menunda olahraga sampai waktunya berbuka puasa karena dengan begitu tubuh anda akan tetap berada dalam kondisi yang baik.

4. Jangan Makan Terlalu Banyak Saat Berbuka
Meskipun pada saat berbuka puasa pastinya semua makanan yang terlihat akan terasa sangat menggiurkan, namun perlu anda ingat untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi minuman atau makanan pada saat sudah berbuka. Anda bisa coba dengan makanan pertama dengan makanan yang ringan seperti air putih atau kurma terlebih dahulu sebelum anda ingin mengkonsumsi makanan yang berat.

Dan perlu di ingat juga anda mungkin hanya memiliki sedikit waktu untuk minum dan makan pada saat sedang berpuasa dan pastinya anda juga tentunya memiliki sedikit waktu untuk memberikan asupan gizi bagi tubuh anda sendiri agar tetap terjaga keseimbangan gizi bagi tubuh anda.

Menjaga pola makan ketika saat sedang berpuasa juga tidak hanya memerikan dampak untuk jangka pendek pada kesehatan, namun jika kita sudah terbiasa melakukannya maka akan mampu memberikan manfaat untuk jangka panjang juga karena tubuh bisa membantu terhindar dari berbagai macam penyakit salah satunya diabetes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *