MANFAAT DARI TERONG UNGU YANG HARUS ANDA KETAHUI

Meskipun kalian mungkin sudah sangat sering mengolah dan mengkonsumsi jenis sayuran yang satu ini, namun apakah pernah anda terpikir bahwa apa saja manfaat pada terong ungu bagi kesehatan anda? Jika anda mengetahui nya tentunya sayuran yang ini memiliki sangat banyak manfaatnya salah satunya bisa berpotensi mengurangi resiko penyakit jantung.

Manfaat pada terong ungu ini dikatakan sangat baik untuk kesehatan karena memiliki berbagai kandungan dan nutrisi di dalamnya. Pastinya masih belum banyak yang mengetahuinya manfaat terong ungu ini, berikut manfaatnya :
1. Membantu mengurangi munculnya penyakit jantung
2. Mampu membuat berat badan turun
3. Bisa mengontrol kadar gula darah
4. Baik untuk menjaga kolesterol
5. Dapat membantu mencegah kanker
6. Menjaga kesehatan otak
7. Menjaga kesehatan hati

Namun jika kalian sudah mengetahui beberapa manfaat terong ungu ini, tidak semuanya memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh tapi ternyata terong ungu ini juga memiliki resikonya. Di balik semua manfaat terong ungu anda juga tentu harus mengetahui resikonya. Pada umumnya terong ungu ini memang memiliki rasa yang lezat tapi jika mengkonsumsinya terlalu berlebihan mungkin akan muncul beberapa gangguan yang beresiko seperti :
1. Mengganggu penyerapan zat besi
Pada terong memiliki komponen nasunin yang bisa meningkatkan zat besi dan juga bisa mengeluarkannya dari sel.

2. Dipercaya memicu  peradangan jaringan
Selain ini komponen di dalam terong ungu adalah solanin yang di percaya dapat memicu terjadinya inflamasi dan peradangan jaringan.

3. Berpotensi memicu terbentuknya batu ginjal
Ada lagi komponen yang terkandung dalam terong ungu ini seperti komponen oxalate yang dapat memicu terjadinya batu ginjal.

Jika kalian ingin mendapat khasiat dari terong ungu pastikan cara pengolahannya dengan benar, sebelum anda ingin memasaknya pastikan terlebih dahulu sudah di cuci dengan bersih lalu potong kedua ujungnya. Pada dasarnya rasa pada terong ungu ini memang memiliki rasa sedikit pahit, namun untuk menghilangkannya anda bisa menaburi garam lalu di diamkan selama kurang lebih sampai 30 menit, metode ini juga dilakukan agar tidak begitu banyak menyerap minyak terlalu banyak ketika anda ingin menggorengnya.

Tapi perlu di ingat ketika kalian ingin memasaknya jangan lupa cuci kembali terong yang sudah ditaburi garam tadi agar tidak membuat makanan terlalu asin. Sebagai catatan juga di bandingkan dengan menggoreng terong ungu ini, hal yang paling baik untuk mendapatkan manfaatnya yaitu menggoreng, merebus dan menumis terong ungu tersebut akan jauh lebih sehat dibandingkan dengan menggoreng terong ungu tersebut.

1 hal lagi jangan memotong terong jika anda belum mau memasaknya dan jangan juga menyimpan terong yang sudah di potong ke dalam kulkas karena akan membuatnya menjadi cepat membusuk, terong akan lebih tahan lama jika disimpan dalam keadaan masih utuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *