Biaya Restorasi Astrea Grand – Motor Jadul Yang Ikonik

Honda Astrea Grand merupakan sepeda motor yang sangat ikonik di jamannya dulu. Banyak kolektor motor tua yang mencari motor ini dalam kondisi yang sempurna sebagai barang koleksi ataupun sekedar mengenang masa lalu.

Terkadang motor Astrea Grand yang dijual di pasaran sudah memiliki fisik ataupun mesin yang buruk. Biasanya bagi para kolektor, mereka akan melakukan restorasi agar motor jadulnya dapat tampil sempurna seperti sedia kala. Biaya yang dibutuhkan untuk merestorasi motor jadul tidaklah murah.

Selain mahal, sparepart original untuk motor klasik semacam ini juga sudah sulit ditemukan di pasaran. Meski begitu, ada beberapa bengkel yang memfokuskan diri untuk memperbaiki dan merestorasi motor jadul. Salah satu bengkel yang fokus dengan hal ini adalah santoso Restorasi yang dimiliki oleh Hendrix. Menurutnya harga dari restorasi itu sendiri tergantung pada permintaan si pemilik motor.

Motor seperti ini yang lagi diganderungi lagi.

Kita ambil contoh Astrea, kalau restorasi full original bisa habis 10 hingga 15 juta. Kalau tidak original biasanya cuma setengahnya saja sekitar 7 hingga 8 jutaan.”

Untuk prosesnya menurut Hendrix tergantung apa yang ingin direstorasi. Paling lama bisa memakan waktu 2 bulan.

Kalau pemilik motor ingin semua original, kami ganti semua dari mesin sampai casingnya, jadi yang tersisa itu hanya rangkanya saja. Biasanya rangkanya kita cat ulang biar mengkilat,” tutur Hendrix.

Untuk waktu pengerjaannya itu relatif, kalau yang direstorasi itu bagian yang ringan, mungkin sebentar saja sudah selesai. Tetapi kalau keseluruhan mau diganti, bisa makan waktu dua bulan,” tutup Hendrix.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *