Penyebab Overheat Pada Motor Matic

Penyebab Overheat Pada Motor Matic

Tidak bisa kita pungkiri, berkendara menggunakan motor matic memang jauh lebih mudah dibandingkan dengan motor jenis bebek yang menggunakan sistem percepatan ( gigi / gear ). Namun, permasalahan yang sering terjadi pada motor matic jauh lebih banyak ketimbang motor bebek. Meski begitu, dengan penanganan yang tepat, permasalahan ringan hingga berat dapat diatasi dengan mudah. Dari sekian banyak masalah yang ada pada motor, mungkin satu masalah yang menjadi fokus utama para pengendara motor matic adalah mesin overheat. Yuk kita bahas lebih dalam tentang overheat pada motor matic.

Sebenarnya apa sih penyebab motor menjadi overheat ? Ternyata penyebab mesin menjadi panas itu terletak pada sirkulasi oli yang tersumbat. Biasanya ini terjadi karena piston pada motor kotor karena jarang dibersihkan. Terkadang hal ini juga dapat menyebabkan motor mati secara tiba-tiba. Suhu panas tersebut datang dari gesekan mesin yang tidak terlumuri oli dengan baik sehingga menimbulkan panas yang berlebih. Panas yang ada tidak mampu diredam oleh pelumas sehingga mesin menghasilkan hawa yang sangat panas.

Untuk mengatasi permasalahan ini sebenarnya cukup sederhana. Pertama-tama dinginkan dulu mesin yang panas, lepaskan busi setelah itu masukkan oli baru melalui lubang busi tersebut. Dengan pemberian oli pada lubang busi, piston akan terlumuri dengan baik sehingga mengurangi panas dari gesekan yang terjadi. Selain itu, kalian bisa datang ke bengkel resmi dan melakukan pembersihan mesin. Hal ini dilakukan agar mesin motor menjadi bersih dan tidak tersumbat benda-benda kotor seperti debu ataupun benda kecil lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *