Cari Tahu Perbedaan Sistem Pengereman ABS dan CBS

Cari Tahu Perbedaan Sistem Pengereman ABS dan CBS

Dunia otomotif semakin canggih dengan mesin mesin yang super cepat dan teknologi berkendara yang semakin nyaman. Kecepatan sebuah kendaraan pastinya harus didukung oleh teknik pengereman yang benar. Pengereman merupakan hal yang penting dalam berkendara untuk memastikan keamanan dari pengemudi saat terjadi hal yang mengharuskan mesin untuk memperlembat kecepatan dalam waktu cepat.

Kendaraan yang dipacu dengan cepat dan tidak mempunyai sistem pengereman yang baik akan berakibat fatal pada pengemudinya. Sistem pengereman saat ini sudah mengemas teknik ABS dan CBS. Kedua sistem ini kerap menghiasi dunia otomotif. Sistem pengereman CBS memanfaatkan tenaga yang berada dikedua komponen yakni roda belakang dan tuas ungkit.

sistem pengereman CBS hidrolis dengan tiga piston akan menghentikan laju kendaraan dengan menggunakan kekuatan pengereman pada roda depan dan roda belakang. Hal ini akan menghentikan laju kendaraan secara seketika tanpa menyebabkan goncangan yang hebat. Pada sistem pengereman ABS menggunakan sistem penghentian laju kendaraan secara perlahan atau tidak mengunci mati roda kendaraan.

kendaraan akan membutuhkan jarak yang cukup banyak untuk bisa berhenti atau memperlambat laju. Sistem ini mungkin sedikit lebih berbahaya jika pengereman harus dilakukan seketika karena kendaraan yang dipacu cepat mungkin akan menabrak jika menggunakan sistem ABS ini. Dari kedua sistem ini maka sistem pengereman yang paling efektif adalah menggunakan teknik pengereman CBS karena pengereman dapat dilakukan seketika dan kendaraan yang dipacu akan mampu berhenti dalam jarak yang dekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *