Intip Perbedaan Sistem Hybrid Suzuki Swift dan Ertiga

Intip Perbedaan Sistem Hybrid Suzuki Swift dan Ertiga

Teknologi hybrid mulai diperkenalkan dalam perindustrian mobil di tanah air. Suzuki merupakan salah satu merek mobil ternama yang cukup mempunyai pasar yang baik di tanah air. Suzuki Swift dan Ertiga merupakan mobil yang kerap dicari oleh masyarakat di tanah air. Kedua jenis mobil ini sudah menggunakan sistem teknologi Hybrid.

Kedua jenis mobil keluaran suzuki tersebut mempunyai teknologi hybrid yang berbeda. Suzuki Swift mempunyai teknologi Strong Hybrid sedangkan Suzuki Ertiga mempunyai teknologi mild Hybrid. Meski keduanya merupakan teknologi Hybrid yang canggih namun terdapat perbedaan yang sangat mencolok pada pengoperasian kedua mobil tersebut.

Image result for swift hybrid

Strong hybrid mempunyai sistem suplai energi yang jauh lebih kompleks jika dibandingkan dengan teknologi Mild Hybrid yang ada pada Ertiga. Tambahan energi listrik berupa baterai khusus di terapkan pada teknologi strong hybrid. kondisi ini memungkinkan mobil untuk bisa bergerak dengan menggunakan mode listrik saja atau tanpa bahan bakar bensin.

Daya listrik yang disimpan oleh baterai akan menyuplai tenaga ke motor sehingga mobil bisa bergerak dengan menggunakan tenaga baterai tersebut. Baterai tersebut juga berperan dalam sistem pengereman pada mobil atau yang dikenal dengan nama regenerative braking.

Pada teknologi mild hybrid sumber energi sepenuhnya masih berpatokan pada bahan bakar dan tidak terdapat mesin tambahan seperti baterai yang dapat menyimpan dan menyuplai tenaga untuk menjalankan mesin mobil. Mild hybrid juga sering disebut sebagai sistem hybrid murni dikarenakan tidak memiliki mesin kedua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *