Mobil Desa AMMDes Diresmikan Presiden Jokowi Di GIIAS 2018

Mobil Desa AMMDes Diresmikan Presiden Jokowi Di GIIAS 2018

Pada pergelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show ( GIIAS ) 2018, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga hadir untuk meramaikan acara tersebut. Dalam acara tersebut, Presiden Joko Widodo meresmikan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan ( AMMDes ).

“Saya mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh AMMDES. Ini bisa menjadi kendaraan industri hulu yang memiliki banyak kegunaan. Menurut laporan yang tadi saya dapat, ada sekitar 70 industri yang bersedia untuk memasok ,” ungkap Presiden Joko Widodo.

Airlangga Hartarto selaku Menteri Perindustrian menjelaskan bahwa unit AMMDes yang dipajang pada GIIAS 2018 merupakan prototipe ketiga. Sebelumnya sudah ada dua prototipe yang diujikan, namun setelah melakukan pengujian, produksinya diberhentikan. Untuk prototipe ketiga merupakan prototipe paling sempurna sehingga akhirnya diperkenalkan ke publik.

Kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes)

Airlangga juga menjelaskan bahwa kendaraan yang diproduksi oleh PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia tersebut akan diproduksi sebanyak 3.000 unit pertahunnya, dengan harapan dapat meningkat menjadi 15.000 unit pertahunnya. Pada bulan Januari 2019 nanti, AMMDes akan mulai diproduksi secara masal.

“Sekarang ini masih mengurus ijin di Kemenhub, janjinya bulan November rampung. AMMDes kecepatannya juga dibatasi, nantinya bisa dipakai untuk membantu kegiatan pertanian di pedesaan. Semoga dengan adanya AMMDes dapat meningkatkan hasil produksi pertanian di pedesaan,” jelas Airlangga.

Tidak hanya itu saja, Airlangga juga menjelaskan bahwa komponen yang digunakan pada AMMDes merupakan komponen yang berasal dari dalam negeri.

“Komponennya lokal. Total ada 70 industri komponen yang terlibat. Komponen yang digunakan setara dengan 70% nilai kendaraan ini.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *